Electronic Word-Of-Mouth dalam Pembelian Produk Kecantikan
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
E-WOM merupakan pendapat konsumen baik secara positif maupun negatif terhadap suatu produk atau merek yang disebarluaskan melalui internet. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa keterlibatan e-WOM seperti kredibilitas informasi, kualitas akun merek, perilaku inovatif konsumen, dan sikap terhadap e-WOM mempengaruhi minat konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Penelitian tersebut dilakukan di Nigeria, sedangkan peneliti ingin melakukan penelitian di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti apakah faktor dari keterlibatan e-WOM dapat mempengaruhi minat pembelian produk skincare pada Instagram di Indonesia melalui teori Elaboration Likelihood Model (ELM) dan Theory of Reasoned Action (TRA). Analisis data dilakukan menggunakan AMOS Structural Equation Modeling (SEM) dengan 360 data responden melalui penyebaran kuesioner secara online dan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu judgmental sampling. Penelitian ini memberikan temuan yaitu: (1) kualitas informasi dan kualitas akun Instagram merek tidak berpengaruh terhadap keterlibatan e-WOM, (2) kredibilitas informasi, dukungan sosial, perilaku inovatif, dan sikap terhadap e-WOM berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan e-WOM, (3) sikap terhadap e-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian, dan (4) keterlibatan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright
Written application must be made to the Managing Editor for permission to reproduce any of the contents of the journal for use in other than course of instruction—e.g., inclusion in books of readings or in any other publications intended for general distribution. In consideration for the grant of permission by the journal in such instances, the applicant must notify the author(s) in writing of the intended use to be made of each reproduction. Normally, the journal will not access a charge for the waiver of copyright.
Except where otherwise noted in articles, the copyright of articles in the journal has been transferred to the KBI. Where the author(s) has (have) not transferred the copyright to the KBI, the applicant must seek a permission to reproduce (for all-purpose) directly from the author(s).