Pengaruh Stimulus dalam Pembentukan Perceived Value, Trust, dan Loyalty Intention pada Social Commerce Soco By Sociolla
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Social commerce merupakan fenomena bisnis yang muncul dari penggunaan media sosial untuk transaksi e- commerce, yang sedang bertumbuh secara pesat di Indonesia. Penelitian ini adalah adaptasi dan modifikasi dari penelitian sebelumnya di mana aspek social commerce website design seperti Information Quality, Service Quality, Rewards and Recognition, dan Customization mempengaruhi intensi loyalitas konsumen. Perbedaan dalam penelitian ini adalah penambahan variabel Trust dan konteks lokasi penelitian yaitu di Indonesia, serta brand social commerce, yaitu SOCO by Sociolla. Tujuan riset ini adalah untuk meneliti apakah aspek social commerce website design dapat mempengaruhi Perceived Value dan Trust, yang lalu dapat membentuk intensi loyalitas konsumen, melalui konsep Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Metode sampling yang digunakan adalah non probability, purposive sampling dalam mengumpulkan 382 data sampel melalui kuesioner online. Data diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling dengan AMOS. Hasil menunjukkan bahwa Information Quality dan Service Quality mempengaruhi Perceived Value dan Trust. Customization juga mempengaruhi Perceived Value, namun Rewards and Recognition tidak berpengaruh. Dalam pembentukan Loyalty Behavior Intentions, Perceived Value memiliki pengaruh yang signifikan dan kuat dalam meningkatkan Positive eWOM Intention dan Customer Engagement Behavior Intention, namun Trust tidak dapat mempengaruhi Positive eWOM Intention, dan menunjukkan hubungan negatif terhadap Customer Engagement Behavior Intention. Secara teoritis, temuan penelitian ini berkontribusi kepada literatur mengenai anteseden customer Perceived Value, Trust, dan Behavioral Intentions dalam konteks social commerce. Secara praktis, perusahaan social commerce di Indonesia dapat meningkatkan aspek social commerce website design, dan mengevaluasi Rewards and Recognition yang diimplementasikan untuk meningkatkan Perceived Value yang berdampak kepada loyalty behavior intentions.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright
Written application must be made to the Managing Editor for permission to reproduce any of the contents of the journal for use in other than course of instruction—e.g., inclusion in books of readings or in any other publications intended for general distribution. In consideration for the grant of permission by the journal in such instances, the applicant must notify the author(s) in writing of the intended use to be made of each reproduction. Normally, the journal will not access a charge for the waiver of copyright.
Except where otherwise noted in articles, the copyright of articles in the journal has been transferred to the KBI. Where the author(s) has (have) not transferred the copyright to the KBI, the applicant must seek a permission to reproduce (for all-purpose) directly from the author(s).