##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Justin Ariel Andriputra Riandra Raina Mukti Christiana Yosevina Dini Anggraeni Sirad

Abstract

Social commerce merupakan fenomena bisnis yang muncul dari penggunaan media sosial untuk transaksi e- commerce, yang sedang bertumbuh secara pesat di Indonesia. Penelitian ini adalah adaptasi dan modifikasi dari penelitian sebelumnya di mana aspek social commerce website design seperti Information Quality, Service Quality, Rewards and Recognition, dan Customization mempengaruhi intensi loyalitas konsumen. Perbedaan dalam penelitian ini adalah penambahan variabel Trust dan konteks lokasi penelitian yaitu di Indonesia, serta brand social commerce, yaitu SOCO by Sociolla. Tujuan riset ini adalah untuk meneliti apakah aspek social commerce website design dapat mempengaruhi Perceived Value dan Trust, yang lalu dapat membentuk intensi loyalitas konsumen, melalui konsep Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Metode sampling yang digunakan adalah non probability, purposive sampling dalam mengumpulkan 382 data sampel melalui kuesioner online. Data diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling dengan AMOS. Hasil menunjukkan bahwa Information Quality dan Service Quality mempengaruhi Perceived Value dan Trust. Customization juga mempengaruhi Perceived Value, namun Rewards and Recognition tidak berpengaruh. Dalam pembentukan Loyalty Behavior Intentions, Perceived Value memiliki pengaruh yang signifikan dan kuat dalam meningkatkan Positive eWOM Intention dan Customer Engagement Behavior Intention, namun Trust tidak dapat mempengaruhi Positive eWOM Intention, dan menunjukkan hubungan negatif terhadap Customer Engagement Behavior Intention. Secara teoritis, temuan penelitian ini berkontribusi kepada literatur mengenai anteseden customer Perceived Value, Trust, dan Behavioral Intentions dalam konteks social commerce. Secara praktis, perusahaan social commerce di Indonesia dapat meningkatkan aspek social commerce website design, dan mengevaluasi Rewards and Recognition yang diimplementasikan untuk meningkatkan Perceived Value yang berdampak kepada loyalty behavior intentions.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
ANDRIPUTRA, Justin Ariel et al. Pengaruh Stimulus dalam Pembentukan Perceived Value, Trust, dan Loyalty Intention pada Social Commerce Soco By Sociolla. Kajian Branding Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 222-247, mar. 2022. ISSN 2721-2092. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/kbi/article/view/739>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/kbi.3.2.222-247.
Section
Articles