##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Alma Maria Kalifa Antonia Miranda Wahyudi Istijanto Istijanto Novi Amelia

Abstract

Seiring terbukanya akses informasi mengenai pencemaran lingkungan, membuat konsumen mulai menyadari bahwa aktivitas konsumsi berkontribusi besar dalam berbagai masalah lingkungan. Hal ini memunculkan tren Green Consumerism dimana konsumen mengubah kegiatan konsumsi mereka menjadi lebih ramah lingkungan. Gerakan ini pun mendorong perusahaan untuk menyesuaikan dengan konsumen melalui strategi green marketing yang menghasilkan produk/jasa yang disebut sebagai green product. Salah satu jenis green product yang semakin berkembang adalah produk perawatan tubuh organik. Penelitian ini akan membahas mengenai consumer purchase behavior produk perawatan tubuh organik berdasarkan Theory of Planned Behavior (Ajzen, 1985) di Indonesia, khususnya daerah Jabodetabek. Secara rinci, penelitian ini mengidentifikasi: 1) pengaruh nilai konsumen (kesadaran akan kesehatan, kesadaran akan lingkungan, kesadaran akan penampilan dan nilai emosional) terhadap sikap dalam pembelian produk perawatan tubuh organik, 2) pengaruh sikap, kendali perilaku yang dirasakan, norma subjektif dan pengalaman masa lalu terhadap niat pembelian pada produk perawatan tubuh organik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei kuesioner online menggunakan teknik non-probability sampling jenis judgemental sampling. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini mengumpulkan 250 responden yang pernah menggunakan produk perawatan tubuh organik. Aplikasi SPSS 25 digunakan untuk mengolah data untuk exploratory factor analysis dan AMOS 24 untuk  confirmatory factor analysis. Hasil mengungkapkan kesadaran akan kesehatan dan nilai emosional memengaruhi secara positif sikap dalam pembelian produk perawatan tubuh organik. Penelitian ini menemukan bahwa sikap, norma subjektif, dan kendali perilaku yang dirasakan memengaruhi secara positif niat pembelian pada produk perawatan tubuh organik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
KALIFA, Alma Maria et al. Pengaruh Nilai Konsumen dan Pengalaman Masa Lalu terhadap Niat Pembelian Konsumen untuk Membeli Produk Perawatan Tubuh Organik: Aplikasi dari Theory of Planned Behaviour. Kajian Branding Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 337-378, dec. 2020. ISSN 2721-2092. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/kbi/article/view/609>. Date accessed: 04 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/kbi.2.2.337-378.
Section
Articles