##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Nabilah Wahyu Utami Sheila Sherviana Istijanto Istijanto B.Realino Yudianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman emosi wisatawan terhadap niat perilaku melalui citra destinasi dalam melakukan wisata yoga. Namun, ada kesenjangan dalam literatur yang ada saat ini dimana hanya menggunakan satu jenis emosi negatif. Penelitian ini menambahkan emosi negatif; anger dengan tujuan untuk melengkapi literatur dalam memahami pengaruh pengalaman emosi wisatawan terhadap niat perilaku melalui citra destinasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada responden yang sudah pernah mengunjungi wisata yoga di area Ubud, Bali. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik snowball dan data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan confirmatory factor analysis dan structural equation modeling. Temuan pada penelitian ini mengungkapkan bahwa wisatawan domestik memiliki pengalaman emosional negatif yang memiliki dampak langsung pada citra destinasi dan efek tidak langsung pada niat perilaku. Penelitian ini berupaya untuk memberikan wawasan tentang pengalaman emosional wisatawan yang dapat dipertimbangkan untuk kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh bisnis pariwisata yoga, selain itu juga dapat memaksimalkan hal-hal yang mempengaruhi emosi wisatawan seperti fasilitas. Hal ini juga akan membantu pengembangan sektor pariwisata yoga di Ubud, Bali.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
UTAMI, Nabilah Wahyu et al. Pengaruh Emosi Wisatawan terhadap Citra Kognitif dan Afektif dalam Wisata Yoga di Bali. Kajian Branding Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 201-229, dec. 2020. ISSN 2721-2092. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/kbi/article/view/604>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.21632/kbi.2.2.201-229.
Section
Articles