Studi tentang Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Mengundurkan Diri pada Operator Call Center
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Keinginan untuk keluar dari pekerjaan bagi operator call-center disebabkan banyak hal. Dengan menggunakan teori Job-Demands Resources model, penelitian ini menguji faktor tuntutan pekerjaan (disonansi emosi), sumber daya pekerjaan (kemandirian pekerjaan dan dukungan supervisor) serta keterlibatan pekerjaan untuk mencari besarnya pengaruh terhadap keinginan untuk keluar. Penelitian ini melibatkan 215 agen call-center di Indonesia. Hasil penelitian menyarankan untuk memperbaiki kepuasan pekerjaan sehingga dapat menurunkan keinginan untuk keluar. Disonansi emosi memberikan hubungan negatif dengan kepuasan pekerjaan dan hubungan positif dengan keinginan untuk berhenti kerja. Kemandirian pekerjaan tidak berkorelasi dengan kepuasan pekerjaan dan keinginan berhenti kerja, juga dukungan atasan tidak berhubungan secara langsung dengan keinginan berhenti kerja.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.