##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aditya Wijoyo Ari Yuda Laksmana Banito Adiarto Desy Arianty Ng Pwee Hiong

Abstract

Keinginan untuk keluar dari pekerjaan bagi operator call-center disebabkan banyak hal. Dengan menggunakan teori Job-Demands Resources model, penelitian ini menguji faktor tuntutan pekerjaan (disonansi emosi), sumber daya pekerjaan (kemandirian pekerjaan dan dukungan supervisor) serta keterlibatan pekerjaan untuk mencari besarnya pengaruh terhadap keinginan untuk keluar. Penelitian ini melibatkan 215 agen call-center di Indonesia. Hasil penelitian menyarankan untuk memperbaiki kepuasan pekerjaan sehingga dapat menurunkan keinginan untuk keluar. Disonansi emosi memberikan hubungan negatif dengan kepuasan pekerjaan dan hubungan positif dengan keinginan untuk berhenti kerja. Kemandirian pekerjaan tidak berkorelasi dengan kepuasan pekerjaan dan keinginan berhenti kerja, juga dukungan atasan tidak berhubungan secara langsung dengan keinginan berhenti kerja.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
WIJOYO, Aditya et al. Studi tentang Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Mengundurkan Diri pada Operator Call Center. Indonesian Business Review, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-24, july 2021. ISSN 2654-6213. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/ibr/article/view/593>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.21632/ibr.4.1.1-24.
Section
Articles