##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Evelynn Yulia Isabelle Estella Istijanto Istijanto Bernardinus Realino Yudianto

Abstract

Akibat adanya perkembangan zaman, penggunaan strategi Celebrity Endorsement telah menjadi metode baru yang berkembang di dalam mempromosikan suatu produk atau merek. Diharapkan dengan menggunakan celebrity yang tepat, hal ini dapat membentuk pandangan positif pelanggan terhadap produk atau merek yang dipromosikan sehingga akhirnya berhasil membawa pelanggan kepada ketertarikan serta intensi pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melengkapi penelitian sebelumnya dari Ha & Lam (2017) yang dilakukan di Vietnam dengan menambahkan variabel baru yang termasuk ke dalam Celebrity Endorsement yaitu variabel Celebrity Authenticity. Selain itu penulis juga menggunakan metode analisis SEM dimana penelitian sebelumnya memutuskan untuk menggunakan analisis sederhana yaitu metode regresi. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dimana penulis berhasil mengumpulkan 302 responden selama 2 minggu mulai dari 2 Juli 2019 sampai dengan 15 Juli 2019. Setelah berhasil mengumpulkan dan mengolah data, penulis melihat bahwa hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif antara variabel pada Celebrity Endorsement terhadap variabel Sikap Pelanggan Akan Merek. Namun variabel dari Celebrity Endorsement yang terbukti memiliki pengaruh positif terhadap variabel Sikap Pelanggan Akan Merek ialah: Celebrity Trustworthiness, Celebrity Similarity, Celebrity Liking, Celebrity Familiarity, Celebrity Match-Up Congruence with The Brand/ Product dan Celebrity Authenticity dengan 2 variabel yang tidak memiliki hubungan positif yaitu Celebrity Expertise dan Celebrity Attractiveness. Terakhir, penulis juga menemukan bahwa variabel Sikap Pelanggan Akan Merek menunjukan pengaruh yang positif pula terhadap variabel Intensi Pembelian. Maka dari itu, terbukti bahwa dengan memilih dan menggunakan celebrity yang memiliki variabel positif terhadap variabel Sikap Pelanggan Akan Merek dapat membawa pelanggan dari suatu produk kosmetik rintisan kepada tahapan intensi pembelian.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
YULIA, Evelynn et al. Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Sikap Pelanggan Akan Merek dan Intensi Pembelian Pada Suatu Produk Kosmetik Rintisan. Kajian Branding Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 103-139, nov. 2019. ISSN 2721-2092. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/kbi/article/view/39>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/kbi.1.1.103-139.
Section
Articles