Analisis Hubungan Antara Karakteristik Iklan Online, Sikap Konsumen, Flow, dan Minat Membeli
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Perkembangan Internet di Indonesia yang pesat mendorong munculnya perilaku masyarakat yang instan dan serba digital. Fenomena ini menyebabkan semakin maraknya media periklanan digital di Indonesia serta banyaknya iklan digital yang terpapar kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara karakteristik iklan (informativeness, entertainment, dan credibility), sikap konsumen dan minat membeli terhadap iklan online yang muncul pada platform Youtube, dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi minat membeli antara attitudes toward online advertising, subjective norm dan flow. Structural Equation Modelling digunakan sebagai metode pengolahan data. Penelitian ini melibatkan 181 responden pria dan wanita pengguna Youtube usia 19 - 34 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan belum pernah melihat iklan Coca-Cola Brotherly Love. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entertainment, informativeness dan credibility mempengaruhi consumer attitude toward online advertising secara signifikan, demikian juga consumer attitude toward online advertising mempengaruhi purchase intention secara positif dan signifikan. Implikasi manajerial dari penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan purchase intention konsumen terhadap suatu produk melalui media iklan, maka penting untuk memastikan bahwa konsumen memiliki sikap yang positif terhadap iklan yang didapatkan melalui komponen karakter iklan online yaitu entertainment, informativeness dan credibility.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright
Written application must be made to the Managing Editor for permission to reproduce any of the contents of the journal for use in other than course of instruction—e.g., inclusion in books of readings or in any other publications intended for general distribution. In consideration for the grant of permission by the journal in such instances, the applicant must notify the author(s) in writing of the intended use to be made of each reproduction. Normally, the journal will not access a charge for the waiver of copyright.
Except where otherwise noted in articles, the copyright of articles in the journal has been transferred to the KBI. Where the author(s) has (have) not transferred the copyright to the KBI, the applicant must seek a permission to reproduce (for all-purpose) directly from the author(s).