##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Peni Zulandari Suroto Agnes Sharon Setiawan Alex Susilo Lim Jemima Winarto Marco Fernando Yap Marco Santana Sutanto Michael Anthony Djuarsa Muhammad Mufti Fadhilah Sherin Sherin

Abstract

Makalah ini ditujukan untuk mendeskripsikan pentingnya diversifikasi produk melalui pemanfaatan limbah produksi. Melalui makalah ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah lainnya di industrinya masing-masing. Saat grup menganalisis peluang bisnis untuk Okuwasawa, di dalam proses produksi ada ditemukan peluang baru. Dalam proses produksi terdapat permasalahan limbah produksi berupa limbah minyak yang dibuang begitu saja, padahal limbah minyak atau minyak bawang merah ini dapat dijual sebagai produk. Setelah berdiskusi dengan pemilik bisnis tentang peluang ini, limbah minyak dijual dan bisnis mendapat sumber pendapatan tambahan baru yang sangat berdampak. Melalui pengalaman ini orang dapat melihat betapa pentingnya mengevaluasi setiap aspek bisnis Anda, menemukan cara untuk meningkatkan bisnis Anda seperti diversifikasi produk melalui limbah produksi yang dapat ditemukan dengan mengevaluasi bagian dari bisnis seperti proses produksi. Sangat penting untuk dapat menemukan peluang terutama dalam bentuk mengubah limbah menjadi keuntungan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
SUROTO, Peni Zulandari et al. Diversifikasi Produk Okuwasawa melalui Pemanfaatan Limbah Produksi. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 350-364, jan. 2022. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/728>. Date accessed: 28 jan. 2022.
Section
Articles