Guide for Author

Petunjuk Penulisan Artikel JPMI

 

Sistematika penulisan

1. Abstrak

Abstrak dibuat dalam dua versi yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak secara ringkas memuat 100-200 kata yang memuat uraian tentang latar belakang, tujuan, dan hasil kegiatan PKM.  Abstrak diikuti dengan 4-5 kata kunci yang tepat, ringkas, dan relevan yang mencerminkan topik  penting di dalam artikel. Kata kunci diurutkan sesuai alfabet.

 2. Pendahuluan

Bagian ini berisi latar belakang kegiatan PKM atau analisis situasi, tujuan, dan manfaat kegiatan PKM. Latar belakang seyogyanya dapat menjawab pertanyaan mengapa kegiatan PKM ini penting untuk dilakukan, apa tujuan dan manfaatnya.

3. Perumusan Masalah

Bagian ini mencakup perumusan masalah yang muncul dari analisis situasi di bagian pendahuluan (baik masalah yang factual maupun actual), tantangan, ataupun hal yang seharusnya dilakukan oleh kegiatan PKM sesuai dengan tujuan kegiatan PKM.

4. Telaah Literatur

Bagian ini mencakup rangkuman kajian teori yang relevan terkait bagaimana kegiatan PKM dilakukan atau dapat juga dilengkapi dengan literature/ penelitian sebelumnya yang serupa dengan kegiatan PKM tersebut.

5. Metode

Bagian ini mencakup metode yang digunakan dalam kegiatan PKM, atau metode yang digunakan dalam memecahkan masalah, dan kerangka pemecahan masalah.

6. Hasil

Bagian ini memuat hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan PKM dan kemudian dibahas atau dianalisis sesuai kajian literatur yang ada.

7. Kesimpulan

Bagian ini memuat kesimpulan dari hasil kegiatan PKM.

8. Ucapan Terimakasih

Bagian ini berisi ucapan terimakasih penulis kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini, terutama penyandang dana kegiatan tersebut.

9. Daftar Pustaka

Bagian ini memuat daftar referensi yang dikutip dalam artikel. Referensi atas publikasi lain harus dengan format APA dan disajikan dengan lengkap, akurat, dan konsisten. Disarankan menggunakan aplikasi sitasi, seperti Zotero untuk memudahkan pembuatan daftar pustaka dan sitasi.

10. Lampiran

Bagian ini memuat keterangan tambahan lain yang penting bagi artikel (Jika ada), misal: kuesioner, hasil wawancara, gambar, atau photo.

 

Format Penulisan

  1. Artikel diketik rapi dengan 1 spasi dan kertas A4.
  2. Jenis huruf yang digunakan dalam badan artikel adalah cambria ukuran 11, rata kanan kiri (justify).
  3. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel 5.000 – 10.000 kata (sudah termasuk Daftar Pustaka dan Lampiran)
  4. Batas atas, bawah, kanan dan kiri sekitar 1 inchi.
  5. Halaman depan memuat judul artikel, nama penulis dan afiliasi dan alamat email corresponding author, abstrak dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dengan huruf Cambria ukuran 9 dan spasi satu. Abstrak dengan bahasa Inggris dicetak miring.
  6. Judul ditulis rata kiri dengan jenis huruf Cambria, bold ukuran 14 (maksimal 15 kata, singkat, padat, informatif)
  7. Subjudul (Judul level 2) ditulis rata kiri, jenis huruf Cambria, bold dengan ukuran 12.
  8. Sub dari subjudul (Judul level 3) ditulis rata kiri dan dicetak miring (italic)bolt, dengan jenis huruf Cambria dan ukuran 11.
  9. Judul level 4 ditulis rata kiri dan dicetak miring (italic), dengan jenis huruf Cambria dan ukuran 11.

 

Tabel dan Gambar

  1. Tabel dan gambar diletakkan di dalam body paper/manuscript, tidak terpisah dari body manuscript.
  2. Judul tabel atau gambar dibuat rata tengah dengan ukuran 10, Isi tabel dibuat dengan spasi 1 dan ukuran 10.
  3. Judul tabel diletakkan di atas tabel.
  4. Judul Gambar diletakkan dibawah gambar.
  5. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut dan judul yang sesuai dengan isi tabel dan gambar dan sumber kutipan jika ada. Sumber kutipan ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup, jenis huruf Cambria ukuran 10.

 

Kutipan

1. Kutipan langsung pendek

Kutipan langsung pendek adalah kalimat yang dikutip secara langsung tanpa parafrase tidak lebih dari 40 kata. Kutipan langsung pendek dituliskan dalam teks dengan member tanda petik di awal dan akhir kutipan. Contoh:

According to Shuck et al. (2015), “The more strongly an employee connects emotionally to their work the better they perform” (p.14).

Shuck et al. (2015) found “The more strongly an employee connects emotionally to their work the better they perform” (p.14).

2. Kutipan langsung panjang

Kutipan langsung panjang adalah kalimat yang dikutip langsung tanpa paraphrase dengan lebih dari 40 kata. Kutipan langsung panjang ditulis dengan paragraph tersendiri, dengan paragraph menjorok. Contoh:

Employee work passion is an individual’s persistent, emotionally positive, meaning based, state of well-being, stemming from reoccurring cognitive and affective appraisals of various job and organizational situations that result in consistent, constructive, work intentions and behaviors (Zigarmi et al., 2009,  p.310).

3. Kutipan dalam teks

Kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun dengan koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu. Contoh:

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Adelina, 1998)
  2. Kutipan dengan dua penulis: (Pranoto dan Gunawan, 2018)
  3. Kutipan dengan lebih dari dua penulis: (Yuliati et al., 2017)
  4. Kutipan dengan lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis berbeda: (Hidayat, 2015; Farhana, 2018)
  5. Kutipan dengan lebih dari satu sumber kutiapan dengan penulis yang sama dan tahun berbeda: (Wong, 2014, 2015)
  6. Kutipan dengan lebih dari satu sumber kutiapan dengan penulis dan tahun yang sama: (Fadhilah, 2018a, 2018b)
  7. Kutipan berasal dari institusi: (IAI, 2015)

 

Daftar Pustaka

Daftar pustaka disusun alfabetis dengan format APA, ditulis dengan spasi 1 dan ukuran huruf 10, hanging, contoh:

Jurnal

Neapolitan, J. (1992). The internship experience and clarification of career choice. Teaching Sociology, 20 (3), 222-231.

Nimon, K., Zigarmi, D., Houson, D., Witt, D. & Diehl, J. (2011). The work cognition inventory: initial evidence of construct validity. Human Resource Development Quarterly, 22 (1), 7-35.

Buku

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic econometrics (Fifth edition, international edition). New York: McGraw-Hill Education.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2004). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI

Website

* Ada penulisnya

Cahyani, D. R. (2017, May 20). Reaksi Sri Mulyani Saat Laporan Keuangan Pusat Diganjar WTP. Retrieved April 3, 2018, from https://bisnis.tempo.co/read/877025/reaksi-sri-mulyani-saat-laporan-keuangan-pusat-diganjar-wtp

* Tanpa penulis

Raih WTP 6 Kali, Pemprov Jabar Terima Penghargaan Dari Presiden. (2017, September 14). Retrieved April 3, 2018, from http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/09/14/raih-wtp-6-kali-pemprov-jabar-terima-penghargaan-dari-presiden-409427

Disertasi/Thesis

* Dari data base disertasi dan thesis

Pecore, J. T. (2004). Sounding the spirit of Cambodia: The living tradition of Khmer music and dance-drama in a Washington, DC community (Doctoral dissertation). Retrieved from Dissertations and Theses database. (UMI No. 3114720)

 * Dari Web

Caprette, C. L. (2005). Conquering the cold shudder: The origin and evolution of snake eyes (Doctoral dissertation). Retrieved from http://www.ohiolink.edu/etd/send-pdf.cgi?acc_num=osu1111184984

* Dari perpustakaan

Caprette, C. L. (2005). Conquering the cold shudder: The origin and evolution of snake eyes (Doctoral dissertation). Ohio State University, Columbus, OH.

 Majalah

Yuliansyah & Suryani, A.N. (2015, Feb-March). Tantangan pengembangan profesi akuntan public di daerah. Akuntan Indonesia, 56-59.