##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Gilang Priyambodo Dwiputro Christopher Glenn Jannice Lieora Ryan Gani Jason John Lataan Ni Putu Diah Anggreni Aurellia Ferdiyanto Faris Zharfan Muliadi Palesangi

Abstract

Bandeng isi merupakan salah satu produk olahan ikan bandeng di Indonesia. Salah satu usaha yang menyediakan makanan tersebut adalah Bandeng Isi Iteung, yang kebetulan berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat, dan merupakan UMKM yang didampingi oleh kelompok untuk program Community Development 2021. Layaknya UMKM lainnya, Bandeng Isi Iteung juga masih memerlukan pengembangan. Salah satu hal yang perlu dikembangkan berasal dari aspek kemasan sebagai bentuk peningkatan kualitas produk.  Hal ini disebabkan bentuk pengemasan yang digunakan oleh mitra cenderung rapuh dan apabila dikirimkan menggunakan ekspedisi berpotensi hancur, sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh pembeli. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulisan ini bertujuan untuk menganalisis hasil dari program yang dilakukan kelompok untuk memperbaiki kemasan produk. Selain itu, metode yang digunakan kelompok untuk analisis adalah SWOT analysis dan STDP untuk melihat respon konsumen terhadap perubahan kemasan sebelum dan sesudah menggunakan vacuum. Hasil dari penelitian ini adalah keamanan dan durabilitas dari makanan untuk konsumen lebih terjamin.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
DWIPUTRO, Gilang Priyambodo et al. Pengembangan Bentuk Kemasan sebagai Peningkatan Kualitas Produk Bandeng Isi Iteung. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 328-349, jan. 2022. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/727>. Date accessed: 28 jan. 2022.
Section
Articles