##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Selly Via Aurelia Pribadi Ferrardo Maxell Bagas Tanamora , Juan Darian Kevin Pranata Kezia Paisellah Maria Priska M.A. Aziz Muslim Eko Ariawan

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sebagai salah satu pilar pergerakan ekonomi negeri yang penting saat ini sedang mengalami kesulitan selama masa pandemi. Penerapan kebijakan dalam penanganan wabah Covid-19 mengakibatkan penurunan pendapatan dan aktivitas pemasaran dari para pelaku UMKM. Adapun salah satu UMKM yang terdampak adalah Kopiku Kepahiang yang dijalankan oleh Liza Rozazi sebagai pemiliknya. Dalam usaha untuk membantu dan menyelesaikan isu tersebut, usaha optimalisasi media sosial dan metode pencatatan keuangan yang lebih teratur perlu dilakukan. Adapun optimalisasi media sosial mencakup peningkatan kualitas konten dan tampilan desain serta pemanfaatan fitur iklan. Sementara itu usaha pencatatan keuangan yang lebih baik dilakukan lewat penggunaan aplikasi digital praktis yakni Moodah. Melalui dua pendekatan tersebut, usaha UMKM yang dibantu dalam penerapannya diharapkan dapat mengatasi dan memantau penurunan pendapatan yang mereka hadapi serta tetap dapat memasarkan produk/jasa yang mereka tawarkan dengan baik dan optimal. Terbukti lewat implementasi dua langkah tadi, terdapat kenaikan pendapatan dan pemasaran produk yang lebih luas yang didapati oleh UMKM Kopiku Kepahiang miliki Liza Rozazi setelah menerapkan perhatian lebih ke optimalisasi media sosial dan pencatatan keuangan yang lebih mudah dan modern.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
VIA, Selly et al. Perkembangan Strategi Manajemen Usaha pada UMKM Kopiku Kepahiang di Bogor. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 285-301, jan. 2022. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/723>. Date accessed: 27 june 2022.
Section
Articles