##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yohanes Nelsen Tjahjono Aldho Tanujaya Elisa Setiawan Emanuella Vanessa Rafasadia Salmun Sharine Navania Stephanliong Kencana Eko Ariawan

Abstract

Industri Food & Beverage merupakan salah satu industri yang terdampak berat di fase awal Covid-19. Banyak bisnis Food & Beverage yang terpaksa tutup selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Oleh karena itu, dibutuhkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai salah satu upaya menopang keberlanjutan UMKM pada industri Food & Beverage di masa pandemi ini. PKM berupa Community Development dilakukan dengan tujuan untuk mengajarkan konsep wirausaha dan memberi pendampingan kepada para pelaku UMKM. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menceritakan dan memberikan beberapa hasil yang telah dilakukan oleh kelompok untuk dapat membantu Mitra. Mitra yang kelompok dampingi adalah Pempek Cek Nimas, yang merupakan UMKM yang menjual produk Pempek Palembang. Maka dari itu kelompok menyusun strategi berupa pembuatan pedoman konten untuk membantu peningkatan performa media sosial, pembuatan kandungan gizi untuk meningkatkan konten, penambahan media distribusi melalui e-commerce, pembuatan website untuk membantu Pempek Cek Nimas dan literasi keuangan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencatatan penjualan maupun pembelian bahan baku. Kelompok pun berhasil meningkatkan paparan merk Pempek Cek Nimas  melalui Instagram, Whatsapp, Shopee, Tokopedia dan website yang telah aktif. Karya tulis ini diharap dapat membantu para pelaku UMKM dapat menerapkan strategi yang telah dilakukan oleh kelompok.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
TJAHJONO, Yohanes Nelsen et al. Perancangan, Implementasi Perencanaan Bisnis, dan Strategi Promosi Digital bagi UMKM Pempek Cek Nimas di Kota Bogor. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 266-284, jan. 2022. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/722>. Date accessed: 28 jan. 2022.
Section
Articles