##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yoshua Marcelino Bella Christinna Santosa Fanny Ekaputri Faisal Hanaya Aska Michelle Nolita Mohammad Faqih Risyad Verdio Anderson Winata Wu Wilson Putra Jaya7 Fidelis StefaHubertson Simanjuntak

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap berbagai industri, termasuk industri fashion. Tujuan pembuatan artikel adalah untuk memahami cara-cara strategis UMKM dalam membangun inovasi di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19, serta mengkaji dan mengevaluasi pengembangan bisnis ELMA Shibori di Bogor, Sentul. Artikel ini menggambarkan dua perspektif yang berbeda, yaitu keuangan dan pemasaran. Mitra usaha memerlukan pengetahuan yang lebih baik tentang penggunaan media sosial melalui pemasaran digital dan pemanfaatan penggunaan jaringan agar dapat memperluas pangsa pasar. Upaya ini diikuti dengan mengembangkan pengetahuan dasar pembukuan dan pencatatan keuangan usaha selama kegiatan operasional yang dipandang sebagai poin penting untuk ditingkatkan melalui metode penelitian kualitatif. Namun, mitra usaha belum dapat menerapkan perhitungan harga pokok penjualan secara optimal untuk meningkatkan kinerja bisnis dan membangun keberlanjutan untuk jangka panjang. Artikel ini menyimpulkan bahwa ELMA Shibori telah berkembang dari segi pemasaran dan keuangan, tetapi ELMA Shibori masih harus memperhatikan beberapa hal, terutama terkait penetapan harga.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
MARCELINO, Yoshua et al. Pengembangan Usaha Mikro ELMA Shibori Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 234-249, jan. 2022. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/717>. Date accessed: 28 jan. 2022.
Section
Articles