##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Alexander Carferix Putra Calvin Kovaldo Giovanni Putri Hendrata Helen Adriana Wijaya Jennifer Aurelia Vincent Yovian Evan Evander Subagyo

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komponen yang penting dalam perekonomian Indonesia karena dapat memperkuat ekonomi dan memiliki kemampuan untuk menyerap tenaga kerja. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengaplikasikan strategi pembangunan usaha yang optimal untuk mendukung perkembangan UMKM. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk mengenal pentingnya perkembangan usaha UMKM sebagai kontribusi pada perekonomian nasional dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemberdayaan pengusaha UMKM. Artikel ini ditujukan untuk menganalisa strategi pengembangan UMKM, khususnya di Kabupaten Cianjur. Terdapat upaya untuk mengembangkan usaha Ngejamoer yang mencakup process analisis faktor internal, faktor eksternal dan evaluasi kinerja pengusaha dalam perkembangan UMKM, dalam meningkatkan potensi mitra dengan melakukan inovasi dalam proses produksi, meningkatkan tingkat efisiensi operasional, pengaturan finansial usaha dan memperluas jaringan pemasaran. Kendala utama yang dihadapi pengusaha UMKM merupakan kemampuan manajerial, permasalahan modal, keterampilan operasional, kendala pemasaran, membangun brand awareness dan kurang mengimplementasikan strategi untuk mempertahankan pasar yang telah ada. Setelah perbaikan dalam segi operasional, branding, pemasaran, perluasan channel distribusi dan pengelolaan keuangan, terdapat pengaruh positif pada usaha Ngejamoer. Dampak positif yang dialami merupakan perbaikan proses internal usaha dalam aspek produksi dan keuangan, peningkatan brand awareness dan terdapat peningkatan peningkatan pada penjualan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
PUTRA, Alexander Carferix et al. Analisis Faktor dan Penerapan Metode Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah: Usaha Camilan Olahan Jamur. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 188-219, aug. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/615>. Date accessed: 27 sep. 2021.
Section
Articles