##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Veronica Thalia Gunawan Ericssen Ericssen Christopher Lorenzo Dinata Deborah Eirene Mai Stanley Yosaphat Tjondro Varen Phangkajaya Sesaria Kiki Tamara

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (UKM) Universitas Prasetiya Mulya dilakukan dengan tujuan mengembangkan usaha milik mitra UMKM yang bekerjasama dengan Universitas Prasetiya Mulya. Melalui jurnal ini, salah satu usaha yang dikembangkan adalah “Produk Kartini” yaitu usaha UMKM yang menjual berbagai macam keripik dengan harga terjangkau dan terbuat dari berbagai macam bahan alternatif yang baik untuk kesehatan dan aman dikonsumsi oleh segala usia. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjabarkan dan memberikan gambaran mengenai pendampingan yang tim penulis telah lakukan baik dari segi operasional, pemasaran, keuangan, dan sumber daya sehingga didapatkan adanya peningkatan signifikan dalam keberhasilan usaha. Keberhasilan ini dapat terlihat dari meningkatnya produksi hingga 5-10 kg per bulan, telah adanya laporan laba rugi secara rutin serta pemisahan laporan keuangan usaha dengan pribadi oleh mitra, adanya logo dan fakta nutrisi dari kemasan sebgai salah satu teknik pemasaran, telah terjangkaunya 4 titik konsinyasi baru, varian produk baru, serta adanya pemasaran melalui sosial media produk untuk memperluas jangkauan konsumen.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
GUNAWAN, Veronica Thalia et al. Pengembangan Proses Bisnis Produk Kartini: Produksi Sistik Olahan dari Daun Kelor. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 169-187, aug. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/613>. Date accessed: 27 sep. 2021.
Section
Articles