##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Candrika Edith Ardyanisa Ellisa Serona Filbert Giovanni Nicholas Gunawan Riandra Raina Mukti Vania Pradipta Gunawan

Abstract

Kecamatan Cipanas, Jawa Barat merupakan sebuah desa berkembang yang memiliki berbagai usaha kecil yang bersaing dalam pasar yang sama, salah satunya adalah usaha Bilqis yang menawarkan makanan ringan tradisional. Sebelum program kemitraan masyarakat ini, usaha tersebut mengalami berbagai permasalahan yang menghambat pertumbuhan, diantara lainnya, keterbatasan modal, inkonsistensi pada kualitas produk, minimnya jalur pemasaran produk, dan ketidakpastian dalam perhitungan biaya modal. Selama kegiatan program kemitraan tersebut, banyak sekali perkembangan yang tercapai untuk memenuhi target jangka pendek, maupun panjang, dan jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan performa bisnis usaha Bilqis. Untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan, sejumlah solusi telah diimplementasikan pada keempat fungsi bisnis, seperti pemasaran, melalui memperkuat identitas merek dengan meningkatkan desain logo dan kemasan produk, membuat alat promosi seperti spanduk dan x-banner untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek, meluaskan sarana distribusi melalui platform daring dan luring, dan diversifikasi produk. Selebihnya, perkembangan pada fungsi operasional merupakan pembuatan system of procedures (SOP) untuk memastikan konsistensi kualitas produk, pada aspek keuangan adalah mengajarkan akuntansi dasar, dan juga pengelolaan sumber daya manusia.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
ARDYANISA, Candrika Edith et al. Pengembangan Usaha Kecil Menengah melalui Pengolahan “Bilqis” di Desa Cipanas, Jawa Barat. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 148-168, aug. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/611>. Date accessed: 27 sep. 2021.
Section
Articles