##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ahmad Fauzi

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa  permasalahan yang dihadapi oleh Masalah umum yang muncul pada masyarakat kelompok usaha pengolahan ikan  yaitu terbatasnya pengetahuan produksi olahan ikan, rancang bangun, dan manajemen dalam hal pengolahan variasi makanan ikan, seperti: ikan asin, ikan pindang, otak-otak. Hasil pengamatan langsung (20 Agustus 2018), usaha pengolahan ikan sudah ditekuni turun-temurun dari keluarga dimana hasil penjualan mengalami penurunan dari tahun ke tahun dikarenakan perubahan iklim cuaca dan belum adanya teknologi yang mendukung untuk menunjang produksi variasi makanan. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan produksi olahan ikan, rancang bangun, dan manajemen pengelolaan wirausaha, sehingga pengolahan ikan lebih maksimal.


Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah pertama pendampingan yang dilakukan melalui sosialisasi dan FGD untuk memberikan pemahaman tentang potensi sumber daya alam berupa ikan yang melimpah dihasilkan oleh nelayan desa teluk yang bisa dimanfaatkan atau diolah menjadi berbagai macam makanan dan kerajinan tangan. Kedua kegiatan pelatihan pengolahan ikan berbasis food security menjadi makanan dan kerajinan tangan yang diajarkan praktek mengenai pengoalahan ikan menjadi makanan berupa nugget, bakso, sosis, empek-empek, dan otak-otak sedangkan pengolahan ikan menjadi kerajinan tangan berupa bunga hias dan perhiasan imitasi serta pelatihan mengenai manajemen keuangan sederhana.


Luaran yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penerima manfaat dalam mengolah ikan menjadi beberapa jenis produk yang bernilai sehingga dapat membantu dalam perekonomian keluarga. Serta produk dari ikan yang dihasilkan berupa makanan dan kerajinan tangan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
FAUZI, Ahmad. Inovasi Pengolahan Ikan Berbasis Variasi Produk Food Security Bagi Nelayan Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 401-411, nov. 2019. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/307>. Date accessed: 18 sep. 2021.
Section
Articles