##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Denni Irawan Daulay Gita Alfiyanna Indah Anggraeni Reny Aurora Sitohang Teddy Simatupang

Abstract

Mereplikasi penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018) yang dilakukan di India, penelitian ini dilakukan di Jabodetabek untuk mencari faktor-faktor penentu dalam penggunaan dompet digital. Penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018), mendapatkan bahwa faktor-faktor tersebut, dari yang pengaruhnya paling tinggi sampai yang paling rendah adalah: ease of use, benefit, trust, dan self efficacy. Sedikit berbeda, penelitian ini mendapatkan bahwa 4 faktor penentu penggunaan dompet digital di Jabodetabek, dengan urutan pengaruh dari yang paling tinggi ke yang paling rendah yaitu ease of use, self efficacy, benefit, dan trust. Walaupun penelitian ini menggunakan jumlah responden yang lebih banyak dan dengan menggunakan tambahan kuesioner baik dari beberapa sumber jurnal maupun dari hasil wawancara, didapat hasil yang mirip dengan penelitian oleh Ahuja dan Joshi (2018). Ease of use atau kemudahan dalam menggunakan aplikasi menjadi satu keharusan agar baik penyedia jasa layanan yang sekarang maupun yang akan datang, agar mempunyai daya saing yang tinggi. Ketiga faktor lainnya juga penting untuk diperhatikan tanpa mengganggu kemudahan dalam menggunakan aplikasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
DAULAY, Denni Irawan et al. Faktor Penentu Penggunaan Dompet Digital pada Konsumen di Daerah Jabodetabek. Indonesian Business Review, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 76-102, july 2021. ISSN 2654-6213. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/ibr/article/view/590>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/ibr.3.1.76-102.
Section
Articles