##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Atok R Aryanto Bambang Sapto H. Laksmi R Savitri Perry E. Ronaldo Rio R Affianto

Abstract

Dilatar belakangi oleh penurunan revenue pada perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT XL Axiata, karena berkembangnya disruptive business, kami mengusulkan untuk membantu meningkatkan pendapatan kembali. Salah satusolusi adalah dengan memperdengarkan iklan pada layanan bertelepon melalui ponsel secara gratis, yang diharapkan akan memberikan pendapatan tambahan. Namun sebelum gagasan itu diimplementasikan, terlebih dahulu dilakukan penelitian mengenai sejumlah faktor yang mempengaruhi sikap dan niat bertingkah-laku konsumen di Jakarta terhadap iklan suara melalui ponsel. Hasil dari penelitian itu menunjang 5 dari 8 hipotesa yang dikembangkan. Persepsi manfaat (PU) dari ponsel, kemauan untuk mencoba hal-hal baru (IN), dan sikap positif terhadap iklan secara umum (ATA) mempengaruhi secara signifikan dan positif sikap responden terhadap iklan suara pada “layanan telepon gratis” (ATM). Sementara sikap yang disebutkan terakhir ini (ATM) dapat membuat responden berencana untuk mendengarkan iklan suara tersebut. Sementara norma-norma sosial (SN) yang dipersepsikan responden menguatkan niatnya untuk mendengarkan iklan suara “layanan telepon gratis”.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
ARYANTO, Atok R et al. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Konsumen Untuk Menerima Iklan Suara di Jakarta. Indonesian Business Review, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 201-221, jan. 2020. ISSN 2654-6213. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/ibr/article/view/378>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/ibr.1.2.201-221.
Section
Articles