##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Valencia Fransisca Celine Songjaya Christian Marcell Purwanto Gabriela Singye Ian Reynaldi Natasya Nabila Raymond Edrick Mulya Stevanus Glen Lie Iwan H. Kahfi

Abstract

Perusahaan keluarga (family business) adalah suatu perusahaan yang dimiliki dan dikontrol oleh anggota dari suatu keluarga (Schermerhorn, 2015). Untuk terus mempertahankan performa perusahaan keluarga yang telah dibangun, diperlukan perencanaan suksesi bisnis yang matang. Sebagian besar bisnis keluarga di Indonesia belum menyadari pentingnya rencana suksesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perencanaan dan proses suksesi bisnis yang telah dilakukan oleh Madu Sukatani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan juga data sekunder yang berasal dari buku dan jurnal terdahulu. Pelaku suksesi dalam bisnis keluarga terdiri dari pendahulu, penerus, dan saudara kandung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh James J. Chrisman dan rekan-rekannya (2009), kegiatan perencanaan suksesi terdiri dari delapan (8) langkah yaitu, mempersiapkan keluarga, menentukan luas kepemilikan dan tata kelola serta tujuan manajemen, mengatur tugas kelompok suksesi, menetapkan kriteria dalam memilih suksesor, mengembangkan penerus yang berpotensi, persiapan pemilik, mengatur waktu suksesi, dan membimbing sebuah proses.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
FRANSISCA, Valencia et al. Analisis Suksesi Bisnis pada Usaha Mikro Kecil Menengah Madu Sukatani. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 120-157, nov. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/709>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles