##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Eva Christine Tjia Arjuna Lim Cindy Clarissa Grace Laura Denali Jason Leonard Joan Gabrielle Micco Driantama Nicholas Andersson Iwan H. Kahfi

Abstract

Jurnal ini ditulis dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pandemi terhadap penjualan UMKM sektor makanan dan minuman di Depok. Pandemi COVID-19 yang datang menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia sangatlah berdampak terhadap kegiatan perekonomian. Tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus ditutup pada masa pandemi ini akibat kurangnya pengetahuan bagaimana cara untuk dapat bertahan dalam situasi pandemi seperti sekarang. Jurnal disusun dengan cara melakukan wawancara dengan UMKM yang berada di depok sehingga harapannya dengan adanya jurnal ini, antar UMKM dapat belajar dari pengalaman satu sama lain dan bangkit kembali di pasar baik dengan cara melakukan strategi-strategi pemasaran yang benar maupun memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kembali minat beli masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa pandemi COVID-19 sempat menyebabkan penurunan pada penjualan di sektor makanan pada 2-4 bulan pertama pandemi namun karena UMKM cepat melakukan adaptasi, penjualan sektor makanan di Kota Depok dapat kembali normal setelah empat bulan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
TJIA, Eva Christine et al. Pengaruh Pandemi Terhadap Penjualan UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Depok. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 102-119, nov. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/707>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles