##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sharon Marcellina Dario Christopher Dominique Clarissa Priska Adeline Jonathan Aldenas Risky Hasyim Silvia Eunike Susanto

Abstract

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga kerja yang terlatih dan terampil dan siap menghadapi dunia kerja. Demi menciptakan lulusan yang siap kerja, pihak sekolah melakukan kerja sama dengan DU/DI sesuai dengan bidang yang diminati oleh siswa - siswi dari pihak sekolah itu sendiri. Namun, tidak semua lulusan SMK menjadi lulusan yang siap kerja. Kenyataannya, jumlah lulusan SMK yang menjadi pengangguran semakin meningkat dari tahun ke tahun dan terdapat juga ketidaksesuaian antara kebutuhan yang ada di dunia kerja dengan keterampilan lulusan. Salah satu alternatif yang dapat menyelesaikan masalah ini adalah mendorong para siswa SMK untuk menjadi seorang wirausahawan. Tim Community Development melihat adanya potensi dari hard skill untuk melakukan jasa service handphone yang dimiliki oleh tim mitra, namun juga terdapat kekurangan pada soft skill terkait kewirausahaan. Oleh karena itu, kami melakukan pendampingan untuk mengembangkan model bisnis serta menciptakan nilai bagi jasa service handphone tersebut, dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
MARCELLINA, Sharon et al. Pendampingan Pengembangan Model Bisnis dan Penciptaan Nilai Jasa Service Handphone SMKS Budi Mandiri. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 78-83, nov. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/705>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles