##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yudho Hartono Bernadette Vanessa Setiono Cassius Hendrico Susilo Dante Alpheus Darren David Atmadja Devan Agathon Astono Irvina Hasani Abidin Tasya Mazaya Arianti

Abstract

Kopi merupakan komoditas andalan yang paling banyak dibudidayakan oleh petani perhutanan sosial menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Melihat dari peluang ini, Tim berkesempatan untuk turut mendukung mitra dalam program Community Development. Mitra menjalankan usaha kopi dan kafe yang berlokasi di Sukanagara, Cianjur, Jawa Barat sebagai teaching factory yang dimiliki oleh SMKN 1 Sukanagara. Tugas kelompok adalah untuk memberikan pengetahuan seputar bisnis dan memperbaiki pemasaran dan sistem pencatatan milik mitra dengan menerapkan teknologi dalam kurun waktu 1 bulan. Kelompok telah berhasil menyampaikan materi terkait dasar-dasar bisnis dengan melihat aspek keuangan, pemasaran, dan operasional; dan menerapkan pemasaran secara daring dengan bantuan media sosial dan marketplace.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
HARTONO, Yudho et al. Pendampingan Secara Daring Usaha Cafe sebagai Tefa Melalui Program Community Development di Cianjur, Jawa Barat. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 28-42, nov. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/702>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles