##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Angelia Anastasia Ceryle Chrysilla Agus Christopher Adrianus Chandra Cindy Angelia Glenaldi Karim Kevin Alfonso Djung Michael Sugiarto Muhammad Abel Yudho Hartono

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran sebagai penyedia lapangan kerja bagi masyarakat untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif dan pembentukan Produk Domestik Bruto. Bogor adalah salah satu kota yang memiliki banyak UMKM dan Bupati Bogor kerap mendukung serta memfasilitasi UMKM agar semakin maju. SMK Pelita Ciampea sadar akan hal tersebut dan mendorong siswa-siswinya untuk ikut serta menjadi pelaku UMKM. Salah satunya adalah para siswa jurusan Tata Boga yang kemudian dibimbing untuk membuat bisnis brownies “Mojang Cake & Pastry”. Dalam mengembangkan bisnisnya, mitra masih kekurangan pengetahuan dalam aspek merek, pemasaran digital, penetapan harga, serta pencatatan arus kas. Selain itu, mitra juga mengalami kendala dalam aspek operasional yaitu mengurus perizinan usaha. Dengan diadakannya pendampingan oleh kelompok pada program Community Development Universitas Prasetiya Mulya di Ciampea, telah dilakukan beberapa pembaharuan dan perbaikan untuk bisnis mitra. Yang pertama, telah dilakukan re-branding dan edukasi serta bimbingan dalam kegiatan pemasaran digital untuk bisnis mitra. Kedua, dilakukan perbaikan arus kas, edukasi tentang keuangan, serta penetapan harga dan keuntungan produk. Yang ketiga, dilakukan edukasi dan realisasi perizinan usaha, serta perbaikan resep brownies. Melalui pendampingan kelompok, mitra berhasil meningkatkan keuntungan penjualan, memperluas jaringan distribusi pemasaran produk, serta menjadi lebih bertekad dan konsisten dalam menjalankan bisnisnya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
ANASTASIA, Angelia et al. Penerapan Ilmu Manajemen Bisnis Guna Pendampingan Mitra Usaha Kecil Menengah “Mojang Cake & Pastry” di Ciampea. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 11-27, nov. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/700>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles