##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yudho Hartono Alif Mukmin Charissa Andriani Dyonisius Adianto Sugiarno Justin Maria Nicholas Theodore Nicholas Kevin Clarence Putu Ayu Narsih Sukmawati Vanessa Starsha Rismana

Abstract

Pemerintah memiliki rencana untuk meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya turut ikut andil untuk mensukseskan dengan mengadakan program yang disebut Community Development atau Comdev.  Dalam program ini, mahasiswa sebagai peserta akan menerapkan ilmu bisnis yang sudah dipelajari untuk membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dan membangun lingkungan yang lebih produktif.  Bisnis kecil lidah kucing, Nekokies, memiliki permasalahan berupa minimnya pengetahuan bisnis serta ketidak tersediaan fasilitas untuk membuat produk pilihan. Tujuan penulisan ini adalah 1) untuk mendeskripsikan aspek operasional mitra dalam memproduksi produk, 2) untuk mendeskripsikan aspek strategi yang digunakan mitra dalam mengembangan bisnis, dan 3) aspek eksternal yang mempengaruhi motivasi mitra dalam mengembangkan bisnis. Metode yang digunakan dalam menganalisis permasalahan dan solusi adalah menggunakan SWOT analisis. Hasil yang diperoleh dari kajian ini, untuk aspek produksi mitra sudah mampu memproduksi sendiri dan berhasil menjual hingga 29 produk di awal penjualan. Untuk aspek strategis, mitra sudah dapat membuat logo yang menarik, konten pemasaran di media sosial Instagram, penentuan harga produk berdasarkan benchmark di Tokopedia, dan membuat perhitungan akuntansi bisnis mitra. Diharapkan kedepan mitra dapat membangun bisnis menjadi lebih baik dan lebih besar.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
HARTONO, Yudho et al. Pendampingan Usaha Kecil Lidah Kucing Nekokies dalam Peningkatan Kemampuan Berbisnis Tiga Siswa SMK Wikrama. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-11, nov. 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/699>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles