##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Esther Carissa Gunawan Lucky Permana Ni Putu Ratna Sukma Dewi Rivel Andreas Arthaprasasta Satiananda Adisantika Glisera Agri Ariyan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi penulis terhadap usaha mikro “Windu Sari Putri” yang memproduksi cistik dan jinten, dan kondisi dimana volume produksinya yang besar namun kurang terorganisir dengan baik di berbagai aspek terutama produksi. Artikel penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi setelah pemberlakuan standard operating procedure (SOP) sebagai sarana pengatur proses produksi, selain SOP beberapa program kerja untuk menata ulang tata letak, prosedur kebersihan, dan mengganti peralatan juga dilaksanakan untuk memaksimalkan pengaplikasian SOP. SOP yang dirumuskan akan mengatur proses produksi dari penyiapan produksi, pembuatan adonan, penggilingan dan pengirisan adonan, pembakaran kayu, penggorengan adonan, dan pengemasan. Penelitian ini hanya akan fokus kepada pemberlakuan SOP dalam mengatur proses produksi internal dalam usaha dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan usaha. Capaian dari penelitian ini adalah penurunan durasi produksi dan peningkatan produktivitas dalam proses produksi serta kesadaran yang meningkat terhadap kebersihan produksi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
GUNAWAN, Esther Carissa et al. Pengaruh Pemberlakuan Standard Operating Procedure terhadap Keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah “Windu Sari Putri”. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-57, may 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/557>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles