##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Nurhayati Nurhayati

Abstract

Kegiatan Kuliah  Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan di Desa Pajambon, Kuningan ini bertujuan untuk membantu  Ibu  Eha  selaku  mitra  dalam  mengembangkan  dan  mempertahankan bisnisnya, ditambah dengan keadaan yang sedang sulit akibat wabah covid-19 yang membatasi kegiatan di luar rumah termasuk kegiatan jual beli di pasar. Setelah melakukan identifikasi masalah ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan mitra baik secara internal maupun eksternal. Sehingga solusi yang diambil kelompok adalah membuat  logo  merek  untuk  mitra,  kartu  nama,  brosur, akun media sosial Instagram dan Facebook, dan akun e-commerce di Shopee. . Hasil yang didapatkan berupa adanya pemesanan secara online melalui media sosial setelah pemasangan merek pada produk dan penyebaran kartu nama disertai juga dengan brosur yang dilengkapi dengan kontak info mitra, meningkatnya pengikut media sosial mitra akibat adanya aktivitas promosi yang menunjukan peningkatan brand awareness dan efektifitas penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, produk mitra juga sudah terjual hingga keluar Pajambon dengan bantuan Shopee dan Instagram. Dengan bantuan dan bimbingan kelompok Ibu  Eha tetap dapat melanjutkan bisnisnya di tengah pandemi dengan memanfaatkan bisnis online melalui media sosial dan juga e-commerce sebagai media bisnis digital.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
NURHAYATI, Nurhayati. Mengembangkan dan Mempertahankan Bisnis UMKM Di Tengah Wabah Korona Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 17-38, may 2021. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/556>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/jpmi.2.1.17-38.
Section
Articles