##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Emya Tirani Munthe Agung Trinugroho Nabila Virginia

Abstract

Media digital merupakan media yang sering digunakan pada saat ini dimasa pandemic ini untuk melangsungkan pembelajaran secara daring. Penutupan sekolah, universitas dan lainnya, terutama di Indonesia. Krisis pendidikan benar-benar datang secara tiba-tiba, pemerintahan di segala penjuru bumi pun harus mengabil keputusan yang sangat pahit untuk menutup sekolah ataupun universitas (online) untuk mengurangi kontak secara langsung agar mengindari perkembangan virus yang sedang melanda di seluruh penjuru bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gerakan literasi digital untuk memberdayakan masyarakat dalam menghadapi krisis pendidikan di masa pandemic. Metode penelitian yang digunakan adalah Kajian Literatur berdasarkan pada hasil dari kajian terdahulu. Literatur tersebut dengan buku, jurnal, media online dan artikel penelitian nasional hingga internasional. Hasil Penelitian Gerakan Literasi Digital dapat menciptakan pola pikir yang kreatif dalam menghadapi situasi pandemic covid-19 saat ini terutama bagi masyarakat atau siswa/I yang sedang melaksanakan pembelajaran online. Kesimpulan Pada masa pandemic covid-19 ini setiap individual ataupun masyarakat perlu memahami bahwa gerakan literasi digital merupakan hal yang penting yang dibutuhkan untuk melakukan mengurangi terjadinya krisis pendidikan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
MUNTHE, Emya Tirani; TRINUGROHO, Agung; VIRGINIA, Nabila. Gerakan Literasi Digital untuk Memberdayakan Masyarakat dalam Menghadapi Krisis Pendidikan di Masa Pandemi. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 157-163, dec. 2023. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/544>. Date accessed: 26 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/jpmi.5.2.157-163.
Section
Articles