Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Proses Belajar Siswa Kelas 3 SDN Cimanggung 1
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih dalam tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada proses belajar siswa kelas 3 di SDN Cimanggung 1 sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Lembaga pendidikan rendah. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 di SDN Cimanggung 1. Data dikumpulkan melalui Google Form yang dibagikan secara online dari link yang disiapkan. Data yang diperoleh dari siswa berupa data mentah kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan secara online dan diubah dalam bentuk diagram batang. Data tersebut kemudian diolah berdasarkan fokus penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Baik peserta didik, guru, dan orang tua siswa kelas 3 SDN Cimanggung 1 mengalami hambatan untuk melaksanakan pembelajaran daring; (2) Faktor pendukung utama efektivitas pembelajaran daring periode Covid-19 adalah kemampuan untuk mengakses aplikasi pembelajaran daring; (3) Orang tua menilai jika pembelajaran jarak jauh masih belum dapat diterapkan sepenuhnya.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs e-Journal Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI) ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti JPMI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.