##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Octa Trajuningtyas Sukanta Sukanta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih dalam tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada proses belajar siswa kelas 3 di SDN Cimanggung 1 sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Lembaga pendidikan rendah. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 di SDN Cimanggung 1. Data dikumpulkan melalui Google Form yang dibagikan secara online dari link yang disiapkan. Data yang diperoleh dari siswa berupa data mentah kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan secara online dan diubah dalam bentuk diagram batang. Data tersebut kemudian diolah berdasarkan fokus penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Baik peserta didik, guru, dan orang tua siswa kelas 3 SDN Cimanggung 1 mengalami hambatan untuk melaksanakan pembelajaran daring; (2) Faktor pendukung utama efektivitas pembelajaran daring periode Covid-19 adalah kemampuan untuk mengakses aplikasi pembelajaran daring; (3) Orang tua menilai jika pembelajaran jarak jauh masih belum dapat diterapkan sepenuhnya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
TRAJUNINGTYAS, Octa; SUKANTA, Sukanta. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Proses Belajar Siswa Kelas 3 SDN Cimanggung 1. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 149-155, dec. 2023. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/537>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/jpmi.5.2.149-155.
Section
Articles