Pendampingan Digitalisasi dan Pengembangan di Bidang Pemasaran, Operasional, dan Keuangan UMKM Zean Store
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
The COVID-19 pandemic has accelerated digitalization in Indonesia, including for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Zean Store, a Muslim clothing MSME in Cilimus, Kuningan, faced challenges in digitalization due to limitations in time, knowledge, and local competition. A mentoring program was implemented to enhance marketing through social media (Instagram, TikTok), open an online store on Shopee, and adopt a simple bookkeeping system using Google Sheets. The results of the mentoring showed improvements in brand awareness, operational efficiency, and sales. This study emphasizes the importance of digitalization for the advancement of MSMEs in the digital era.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs e-Journal Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI) ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti JPMI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.