##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Athalia Andrina Christopher Frans Lee Dicky Setiadi Jimmy Suparman Karen Hannah Kevin Samuel Lee Vania Clarista Zaida Jameela Heinrich

Abstract

Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia semakin meningkat dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Setelah pandemi Covid-19, jumlah UMKM meningkat karena banyak yang ingin memanfaatkan peluang tersebut. Namun, banyak bisnis yang memiliki kesulitan dalam mengembangkan usahanya, salah satu penyebabnya adalah kurangnya program branding. Untuk membantu UMKM yang sedang mengalami kesulitan, khususnya untuk UMKM industri busana di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi masalah dari aspek branding dan membuat strategi yang sesuai. Penelitian ini dilakukan melalui dua metode yakni workflow pemecahan masalah dan wawancara mitra UMKM yang bersangkutan. Berdasarkan hasil yang diperoleh telah diidentifikasi bahwa brand book, logo, kemasan dan foto produk perlu dibuatkan strategi untuk memperbaikinya. Strategi yang digunakan untuk melakukan rebranding telah diimplementasi dan dievaluasi sehingga terbukti bahwa keadaan usaha mitra sudah semakin membaik. Saran untuk ke depannya adalah peneliti perlu melakukan pemantauan, pembuatan strategi, implementasi, dan evaluasi dalam jangka waktu yang lebih panjang agar usaha dapat berkembang secara maksimal.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
ANDRINA, Athalia et al. Branding sebagai Upaya Komersialisasi Usaha Rumahan Fashion. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 81-94, may 2023. ISSN 2721-2084. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/1024>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.21632/jpmi.5.1.81-94.
Section
Articles