##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yudo Hartono John Suprihanto

Abstract

Penelitian yang mengaitkan permainan, pemasaran sosial dan pariwisata belum terlalu banyak digali sehingga masih terbuka ruang untuk melakukan kajian terutama terkait bagaimana sebuah permainan dapat membantu meningkatkan awareness terhadap isu lingkungan yang terkait dengan konteks sustainable tourism. Tujuan penelitian ini menjelaskan proses pengembangan permainan (serious game) dari perspektif desainer sebagai sebuah produk dalam konteks pemasaran sosial. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara kepada desainer pengembang serious game dan analisis tematik untuk memetakan berdasarkan framework yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa upaya untuk membangun dan mengembangkan ide produk sesuai dengan atribut dapat dikembangkan pada proses penciptaan produk sosial. Serta terdapat peluang dalam menambahkan benefit pada sisi augmented product yang masih sangat terbuka luas untuk dieksplorasi. Implikasi dari penelitian ini para desainer dapat menggunakan framework ini untuk menciptakan produk dengan berorientasi pada target audience nya untuk menciptakan diferensiasi dan dapat merencanakan benefit baru diluar standar produksi game sebagai produk sosial pada umumnya untuk mencapai objektif game secara lebih optimal.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
HARTONO, Yudo; SUPRIHANTO, John. Can Game Fix Reality? Analisis Serious Game sebagai Produk dalam Pemasaran Sosial. GARUDA (Global Research on Tourism Development and Advancement), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 54-72, june 2022. ISSN 2721-0375. Available at: <https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/Garuda/article/view/847>. Date accessed: 12 aug. 2022.
Section
Articles