TY - JOUR AU - Gunawan, Natasya AU - Limantoro, Shania Devina AU - Istijanto, Istijanto AU - Handoko, Rudy AU - Rustandi, Fredy Utama PY - 2021/12/29 TI - Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Konsumen pada M-Commerce JF - Kajian Branding Indonesia; Vol 3 No 2 (2021): Kajian Branding IndonesiaDO - 10.21632/kbi.3.2.172-192 KW - N2 - M-commerce muncul berkat pesatnya perkembangan teknologi sebagai alternatif dalam melakukan bisnis. Kini m-commerce semakin berkembang dan menjadi fenomena di media sosial di Indonesia. Salah satu fenomena menarik adalah perilaku impulsif konsumen dalam m-commerce, yang telah dibuktikan meningkat oleh beberapa penelitian terdahulu. Meskipun demikian, studi terkait faktor pembelian impulsif dan pengaruhnya dalam m-commerce masih terbatas, khususnya di Indonesia. Berdasarkan stimulus-organism-response (S-O-R), penelitian ini berfokus pada faktor situasional yaitu pengaruh interpersonal (interpersonal influence), daya tarik visual (visual appeal), portabilitas (portability), variasi pilihan (variety of selection), dan atribut harga (price attribute) dalam m-commerce untuk meneliti pembelian impulsif. Mengikuti literatur sebelumnya tentang penelusuran dan teori motivasi, studi ini bertujuan untuk meneliti penelusuran hedonik dan utilitarian sebagai dua pendorong utama pembelian impulsif konsumen dalam m-commerce. Studi ini mengadopsi estimasi partial least squares untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner online dengan teknik judgemental dan snowball sampling. Tiga temuan utama dalam penelitian ini: yang pertama, daya tarik visual, variasi pilihan dan atribut harga pengaruh interpersonal dan daya tarik visual berpengaruh positif terhadap penelusuran hedonik dan utilitarian namun portabilitas tidak berpengaruh terhadap keduanya, kedua pengaruh interpersonal berpengaruh positif terhadap penelusuran utilitarian, dan ketiga penelusuran hedonik dan utilitarian berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Secara teoritis, temuan penelitian ini memberikan perspektif baru terhadap teori motivasi konsumen online dengan melihat penelusuran hedonik dan utilitarian sebagai dua motivasi yang berbeda. Secara praktis, perusahaan m-commerce di Indonesia dapat meningkatkan kualitas faktor-faktor situasional untuk meningkatkan kecenderungan pembelian impulsif konsumen. UR - https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/kbi/article/view/737